SEJARAH DESA AIR MESU TIMUR

Desa Air Mesu Timur  merupakan salah satu Desa dari Sebelas Desa dan satu Kelurahan di Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.  Desa Air Mesu  Timur merupakan pemekaran dari Desa Air Mesu pada Tanggal 02 Februari 2012 dimana Pejabat Kepala Desa Air Mesu

Timur  bapak MUIS, SH dari kecamatan Pangkalanbaru, seiring waktu berjalan maka dibentuklah BPD Desa Air Mesu Timur yang terdiri dari 7 orang melalui proses musyawarah Desa yang dihadiri dari tokoh –tokoh Masyarakat yang difasilitasi oleh PJ.Kepala Desa Air Mesu Timur .

Sesuai kesepakatan BPD dan Pemerintah Desa Air Mesu Timur s

erta masukan dari masyarakat Desa Air Mesu Timur terdiri dari 2 Dusun dan 9 RT.

Dalam perjalanannya PJ. Kades Air Mesu Timur  membentuk Struktur Organisasi Desa Air Mesu Timur Serta Organisasi-organisasi Desa seperti LPM,PKK,Bank Sampah danlain sebagainya. bersama panitia Pilkades menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa Air Mesu Timur  untuk menentukan masadepan Desa Air Mesu Timur  dengan calon kepala Desa Sebagai berikut:

  1. ZUHRI
  2. SALJUN
  3. JUHARTONO

Melalui proses Demokrasi maka dilaksanakanlah pemilihan Kepala Desa Air Mesu Timur Timur pada tanggal  Juni 2012 dengan jumlah partisipasi masyarakat ± 75% dimana yang terpilih bapak ZUHRI sebagai kepala desa Air Mesu Timur.

Menurut sejarahnya nama Air Mesu Timur, asal mulanya adalah isu yang mana pada Penjajahan Belanda nama tersebut digunakan oleh tentara Belanda yang berarti peluru. Pada saat itu tentara Belanda sering memantau/memonitor pribumi yang sedang berada dekat bawah jembatan saat sedang berada di sungai tersebut yang berbatasan dengan Desa Jeruk dan pribumi tersebut sering memanggil tentara yang melintas dengan ucapan Mesiu dan Air Mesu Timur sendiri merupakan gabungan antara air yang berada di bawah jembatan dengan panggilan untuk tentara tersebut yaitu Mesiu. Jadilah namanya AIR MESU TIMUR.